Monday, July 11, 2016

Bedak Bayi Berbahaya. Benarkah?

bedak bayi
Johnson's Baby 

Ketika mencari artikel tentang bedak bayi, tentunya banyak artikel yang memberikan berita bahwa penggunaan bedak pada bayi akan berbahaya jika diberikan pada bayi. Padahal jika dipikir, produk perawatan kulit bayi yang dibuat tentunya sudah ditentukan formula khusus sehingga dapat digunakan untuk bayi. Maka, sebenarnya apa yang berbahaya?


Dalam menggunakan bedak bayi sebenarnya yang berbahaya adalah cara Ibu menggunakannya ke buah hati. Biasanya, para ibu senang menaruh bedak pada wajah bayi secara sembarangan dan membiarkannya celemotan di wajah karena dia masih kecil dan agar terlihat sudah mandi. Padahal sebenarnya kebiasaan tersebut tidak baik untuk bayi karena kandungan dalam partikel bedak bayi akan berbahaya jika terhirup langsung oleh bayi. Maka dari itu yang berbahaya bukanlah dari kandungan bedak bayi tersebut, namun lebih kepada pemakaiannya.

Namun, banyak yang mengatakan bahwa bedak bayi berbahaya karena dapat menyebabkan kanker?

Hal tersebut memang benar jika Anda menggunakan bedak bayi yang mengandung talc yang meninggalkan endapan partikel yang disebut asbes. Inilah yang membuat resiko kematian meningkat. Namun bukan berarti Anda tidak boleh memakai bedak bayi, untuk mengurangi resiko tersebut maka pilihlah bedak bayi yang mengandung bahan dasar Cornstarch yang kini sudah banyak berada di toko.

Selain dari kandungan bahan tersebut, tempat menaburkannya pun harus diperhatikan, jangan langsung menaburkan bedak bayi di tubuh bayi, namun taruhlah bedak tersebut di tangan baru mengoleskannya ke tubuh bayi. Untuk bayi baru lahir maka sebaiknya tidak perlu memberinya bedak bayi karena kondisi tubuh yang masih lemah dan resiko menghirup bedak bayi tersebut secara langsung yang dapat berbahaya bagi tubuh bayi. Hindari mengoleskan bedak bayi di sekitar kemaluan. Ini perlu dilakukan untuk menghindari munculnya iritasi pada bagian lipatan di sekitar kemaluan bayi.

Maka, bagaimana jika ingin merawat kulit bayi yang baru lahir?

Karena bayi yang baru lahir lebih rentan terhadap kondisi di luar dan masih membutuhkan penyesuaian, maka alangkah baiknya dalam perawatan kulit bayi baru lahir harus lebih diperhatikan. Penggunaan bedak bayi pun tidak begitu dianjurkan pada bayi baru lahir, namun bukan berarti bayi Anda yang baru lahir tidak mendapatkan perawatan dari produk kosmetik bayi.

Saat memandikan bayi baru lahir, maka mandikanlah sehari sekali karena ia belum tahan dingin. Terserah bagaimana cara Anda memandikannya, tidak masalah jika direndam dalam bak mandi ataupun di lap dengan waslap yang sudah diberi sabun bayi. Tenang saja, sabun bayi sudah di formulakan khusus untuk bedak bayi sehingga cenderung aman dalam menjaga kelembaban kulit bayi baru lahir. Pilihlah sabun bayi yang mengandung Pro Vitamin B5 yang berfungsi merawat kesehatan kulit, memberi rasa nyaman dan menjaga kulit tetap halus.

Nah, dalam menjaga kelembaban kulit dan agar terhindar dari kekeringan, maka Anda dapat menggunakan baby oil yang mengandung vitamin E. Penggunaan baby oil ini dapat menjaga bayi agar terhindar dari lecet. Jika bayi Anda cenderung berkeringat dan menjadikannya timbul biang keringat, maka sebaiknya Anda periksakan terlebih dahulu temparatur kamar sehingga sesuai dengan kenyamanan bayi Anda.

Dibandingkan dengan menggunakan bedak bayi untuk mengatasi biang keringat, maka cobalah untuk melap bagian tubuh yang banyak mengeluarkan keringat dengan kapas yang dibasahi air hangat atau tisu basah non alkohol. Dalam mengatasi ruam popok pun, jika Anda biasanya menggunakan bedak bayi untuk bayi baru lahir, maka gantilah dengan menggunakan baby cream khusus untuk ruam popok sehingga penggunaan bedak bayi dapat diminimalisir.

Maka, dari berbagai penjelasan diatas, tentunya pernyataan bahwa bedak bayi berbahaya itu tidak benar jika Anda tahu cara dan saat menggunakannya dengan tepat.




1 comment: